Translate

Welcome

Selamat datang di blog saya, dan terima kasih atas kunjungannya SEMOGA ANDA TIDAK BOSAN ATAS BLOG SAYA, jangan lupa di beri kritik dan saran ya..... Welcome to my blog, and thanks for visiting, do not forget to give criticism and advice in it .....

Sabtu, 24 Desember 2011

Bebek


BEBEK DAN KLASIFIKASI

KINGDOM                : Animalia
FILUM                        : Chordata
KELAS                                    : Aves
ORDO                                    : Anseriformes
FAMILI                       : Anatidae

            Bebek adlah nama umu dari beberapa jenus sepecies burung dalam family anatiadae. Bebek umumnya adalam burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan dengan kerat dekatnya, angsa dan angsa berleher panjang . Bebek kadang – kadang disamakan dengan beberapa jenis burung air yang behubungan jauh tapi mirip penampilannya, misalnya loon, grebe dan coot. Bentuk persilangan bebek juga sering terjadi , sepesi persilangan bebek denagn angsa menghasilkan tiktok dan tongki.

PENAMPILAN

            Secara keseluruhan tubuh bebek berlekuk dan lebar, dan memiliki leher yang relatip panjang,meski tidak epanjang leher angsa. Bentuk tubuh bebek berpariasi umumnya berbentuk bulat. Paruhnya berbentuk lebar dan mengandung lamellae yang berguna sebagai penyring makanan. Pada sepecies penangkap ikan, parurny berbentuk panjang dan kuat. Kakinya yang bersisik kuat dan umumnya berda jauh di belakang tubuh, yang mumunya terdapat pada burung akuatik. Sayapnya sangt kuat dan umunya pendek. Penerbangan bebek umumnya membutuhkan kepakan sayap yang kuat. Tiga sepecies bebek steermer tiadk dapat terbang. Bebek jantan dari di belahan bumi utara kadang – kadang memiliki warna bulu yang menarik. Specie dari belahan bumi selatan tidak menujukandimorfisme seksual kecuali pada paradise shelduck di selandia baru  yang warna bebek betina lebih cerah dibandingkan bebek jantan. Warna bebek muda entah itu bebek betina maupun jantan umumnya lebih mirip bebek betina jantan

 MAKANAN

            Bebek memakan makanan yang berpariasi, seperti rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing dan moluska kecil. Bebek penyelam dan bebek laut mencai makanan di kedalaman air. Untuk memudahkan mereka menyelam, kedua jenis bebek tersebut memiliki masa yang lebih besar sehingga mereka leblih sulut untuk terbang. Bebek dari sufamili anatinae tiak mamuh menyelam jauh. Mereka hanya menyarng makanan dari perairan yang mampu mereka jangkau. Jika menyelam, mereka tidak dapat menyelam sejauh bebek penyelam. Untuk memudahkan penyarinangan, mereka memiliki paruh yang pipih dan lebar serta mengandung lamellae. Beberapa sepecies seperti somw, goosander, dan merganser memiliki kemampuan untuk melan ikan besar.

PEROSES PERKEMBANGBIAKAN
Bebek pada umumnya moogami, meski ikatan ini umumnya hanya berlangsung dalam satu tahun. Sebagian besar bebek bebek berkembangbiak setahun sekali.

EKOLOGI
Bebek memiliki peredaran yang sangat luas dan dapat hitemukan diseluruh dunia kecuali antartika. Beberapa sepecies mendiami daerah subantartika di Georgia selatan dan kepualauan Aucaklac. Beberapa jenis dapat mendiami daerah kepualuan seperti di Hawai, Selaidia baru meski jenis ini terancam puanah. Beberapa species bebek yang berkembang biak di daerah artik yang hangat ketika musim panas adalah species migratori. Beberapa jenis bebek di Australia di mana hujan terjadi secara priodik, bebek tersebut tersebut berprilaku nomadik; mencari perairan (danau dan kolam) yang tebentuk setelah huajan lebat. Bebek dapat diterima di area pberpenduduk padat. Pola migrasi mereka telah berubah sehingga banyak sepecies yang telah menetap bahkan dimusim dingin.

PREDATOR
            Diseluruh dunia bebek mempunyai banyak predator, bebek muda umumnya rentan karena tidak kemampuan mereka untuk terbang.  Bebek pada umunya menjadi mangsa ikan besar seperti pike, buaya, dan pemburu air lainnya, termaksuk burunug pemakan ikan seperti burung kuntul. Sarang bebek sering dirampok oleh predator darat seperti rubah atau burung besar seperti burung elang. Bebek dewasaadlah penerbang yang cepat, namun dapat ditangkap diatas air oleh pemangsa akuatik. Selama terbang, umumnya aman namun masih terdapat predator yang mengancam seperti manisia dan falco peregrine yang menggunkan kekuatan dan kecepatan mereka menangkap bebek.

 PETERNAKAN BEBEK
Bebek memiliki banyak kegunaan ekonomi, untuk diternakan demi daging, bulu, telur, dan juga kotoranya mereka. Bebek yang diternakan biasanyaketurunan dari bebek liar Mallard (Anas Plytyrhyncos), kecuali jenis bebek moscop. Bebek yang diterakan memiliki ukuran yang lebih besar dari nenek moyang mereka.


YANG HARUS DIPRSIAPKAN
Untuk membudidayakan bebek (itik) laut yang hrus dipersiapkan :
*    komitmen tempat pengadaan bibit.
*    kandang dan tempat penampungan awaluntuk memulai proses adaptasi daerah, beserta kelengkapnnya. Ukuran kandang disesuaikan dengan kepadatanhewan ternak.
*    Paka bibit dan obat – obatan setidaknya -/+ 3 minggu
*    Kandang produksi di sesuaikan dengan kepadatan teranak
*    Pakan bebek dewasa untuk hidup pokok dan produksi
*    Komitmen pemasaan
TAHAP – TAHAP BERTRNAK
Dalam peternakan bebek terbagi dalam beberapa tahap yaitu:
·        Tahap pembibitan
Tahap ini merupakan tahap awal dalam peternakan bebek dengan kegiatan;    menentukan tempat pembelian atau penagadaan bibit dengan mempertimbangkan aspek jarak, waktu tempuh, hara beli, kualitas bibit dan jenis bebek. Pemilihan bibit dengan pedoman pada umur -/+ 2 minggu setelah menetas, ukuran dan jenis kelain bebek. Pengepakan sesuai kebutuhan. Sebelumnya pada masing – masing bibit ditetesi larutan gula melalui mulut untuk sebagai langkah antisipasi setres karena pengangkutan bibit ke kandang.

·        Tahap adaptasi bibit
Bibit bebek berada di dalam kandang yang letaknyadidekat pantai selam 3 minggu  dengan hanya member makanan jadi buatan pabrik saja dalam bentuk kering, air minum tawar tidak terbatas serapenerngan yang cukup.
·        Tahap pembesaran
Pada tahap ini, bebek diberi ruang gerak yang cukup luas dengan member seperti iklim pantai, dengan cara diumbar saat air laut surut dengan waktu tebataspada pagi dan sore hari, serta member  air minum tawar dengan jumlah yang tidak tebatas
·        Tahap produksi
Pada tahap ini hamper sama denangantahap sebelumnya, hnya jam buak kandang diatur agak siang karena pemungutan teur produksi harian. Sesuai kebiasaan bebek mengalami puncak produksi harian pada usia 14 bulan
·        Tahap pasca produksi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar