Translate

Welcome

Selamat datang di blog saya, dan terima kasih atas kunjungannya SEMOGA ANDA TIDAK BOSAN ATAS BLOG SAYA, jangan lupa di beri kritik dan saran ya..... Welcome to my blog, and thanks for visiting, do not forget to give criticism and advice in it .....

Selasa, 10 April 2012

Tata Surya


a. Pengertian tata surya
            Tata surya adalah susunan benda langit yang terdiri atas Matahari, dan pepenet yang meneglilinginya serta setelit yang mengiringi planet. Tata surya (Solar sistem) diperkirakan terbentuk 4.600 juta tahun yang lalu, merupakan penguapan gas dan debu.
            Pada awalnya tata surya terdiri atas 9 planet, namun sekarang tinggal 8 karena para ahli mengeluarkan salah satu planet dari system tata suya kita yakni pluto.  Para astronot yang berkumpul di Praha dalam pertemuan puncak International Astronomical Union (IAU) memutuskan benda langit yang disebut planet bila mengorbit bintang namun bukan bintang yang memancarkan sinar, ukurannya harus cukup besar memiliki gravitsi yang membuatnya berbentuk bulat, dan memiliki orbit yang jelas. Pluto tidak masuk dalam katagori planet karena Pluto tidak memiliki orbit dominan (orbitnya berbentuk elips, tumpang tindih dengan orbit Neptunus, orbit terhadap matahari terlalu melengkung). Hamprir selama 76 tahun Pluto diakui dalam tata surya, dan sekarang Pluto dimasukan dalam katagori baru bersama Charon, Xena, dan Ceres.
            Selain pelanet terdapat juga benda langit yang lain yang biasa disebut dengan satelit. Satelit adalah benda langit yang mengorbit dan geraknya selalu mengelilingi Planet. Contoh satelit adalah Bulan.
            Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi. Disebut satelit alami karena Bulan terbentu bersamaan dengan Bumi. Selain satelit alami bumi juga memiliki banyak stelit buatan yang dibuat untuk kepentingan tertentu, seperti satelit Palapa yang bertujuan untuk komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar