Translate

Welcome

Selamat datang di blog saya, dan terima kasih atas kunjungannya SEMOGA ANDA TIDAK BOSAN ATAS BLOG SAYA, jangan lupa di beri kritik dan saran ya..... Welcome to my blog, and thanks for visiting, do not forget to give criticism and advice in it .....

Selasa, 10 April 2012

Bumi


            Bumi merupakan planet ketiga dalam tata surya. Usia bumi diperkirakan 4.600 juta tahun. Jarak antara Bumi dengan Matahari kurang lebih 1.496  juta Km. Bumi merupakan planet terbesar kelima dalam tata surya kita. Diameter bumi diperkirakan 13.000 Km.
            Bumi mempunyai atmosfrer dan medan magnet atau megenestosfer. Keduanya berfungsi melindungi Bumi dari angin Matahari, sinar ultraviolet serta radiasi lainnya dari luar angkasa.
            Atmosfer bumi tebalnya kurang lebih 700 Km dengan susunan Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksofer. Dalam lapisan atmosfer terdapat lapisan ozon di Stratosfer dan Mesosfer  dengan ketinggian 50 Km. Fungsi utama lapisan ozon adalah melindungi dari sinar ultraviolet.
            Udara bumi terdiri dari 78% Nitrogen, 21% Oksigen, 1% uap air dan gas lain. Suhu rerataan permukaan bumi adalah 140C  atau berkisar antara -700C hingga 550C tergantung kondisi iklim setempat. Permukaan Bumi 70% berupa air dan 30% berupa tanah dan umbuhan.
Lapisan Bumi Terdiri Atas Bagian Berikut:
1.    Inti Bumi (Berupa Nikel setebal 1.370 Km dengan suhu 4.5000C).
2.    Inti luar Bumi juga bersifat cair dengan ketebalan 2.100 Km.
3.    Isi Bumi berupa mantel silica dengan ketebalan 2.800 Km.
4.    Kerak Bumi dengan ketebalan kurang lebih 85 Km.
5.    Kerak bumi luar ketebalan 5 Km biasanya berada di dasar samudra. Bagian ini terdapat lempeng benua dan lempeng samudra.
Pergerakan dua lempeng ini sering melimbulkan gempa Bumi.

      Titik tertinggi Bumi berada di gunung Everest, yaitu 8.848 meter dpl. Sedangkan titik terendah bumi berada di palung Mariana sedalam 11.033 meter di bawah permukaan air laut.
      Bumi bergerak menglilingi matahari (revolusi) dengan waktu tempuh 365 hari. Waktu tempuh tersebut disebut satu tahun bumi. Dalam mengelilingi Matahari menempuh jarak 958 juta Km, sedangkan kecepatan Bumi dalam bergerak mecapai 107,2 Km/ jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar